Friday, January 3, 2014

PERBAIKAN SISTEM REM ABS BMW 318i 2003




Musim hujan apalagi musim banjir sangat berbahaya buat perangkat elektronic mobil anda. Seperti yang dialami BMW 318i 2003 ini, karena terus menerobos genangan banjir maka yang terjadi sistem ABS (anti lock brake system) dan ESP (electronic stability program) jadi korbanya. Apalagi kabel sensor bagian depan kanan terkelupas akibat dimakan tikus. 

Kemungkinan besar, masalah ini terjadi karena si pemilik kurang merawat dan memperhatikan mobilnya. Akibatnya, saat menerobos genangan air yg tingginya cukup utk merendam ban mobil, lampu peringatan ABS, REM dan ESP yg ada di dushboard menyala.

Setelah kami scan, sensor bagian depan kanan mengalami masalah. Masih ragu dengan hasil scan, kamipun melakukan tes selanjutnya, kami menggunakan osiloskop untuk mengetahui apakah ada sinyal pada sensor yg bermasalah itu dengan memutar roda kanan saja (posisi kunci kontak on). 
Hasil diagnosa beberapa kali, memang sensornya rusak akibat korslet lantaran kabelnya memang terkelupas. Kemungkinan memang dimakan tikus karena memang kata pemiliknya, mobil jarang dipakai dan sering nongkrong di garasi. :D

Harga untuk sensor ABS lumayan mahal, yg original bisa mencapai 2jutaan lhoo...


             Setelah menunggu barang datang beberapa hari, kami pasang dan reset semua sistem elektroniknya. Mobil sudah tidak ada masalah lagi (untuk saat ini :-d ). untung hanya sensornya saja yang bermasalah, klo sampe ECU atau ABS Control sistem yang bermasalah, liburan tahun baru bisa jadi batal donk :-d




Semoga artikel diatas menambah informasi bagi anda yang memiliki mobil efi yang memiliki fitur-fitur seperti REM, ABS, ESP, TCS, Matic, dll. Berhubung mobil agak tua, soket-soket serta kabel-kabel elektronik sudah rentan terhadap air.
sumber : Mechanic Injection Laksamana Motor - Toni Sianto Putu