Friday, January 3, 2014

Permasalahan Honda Genio dan Kerusakan ECU Genio - Bengkel Mobil Honda Singaraja Bali



Di Bali sering kali mesin honda genio keluaran tahun'92 sampai 95 dibilang sering panas (overheating). hal itu yg menyebabkan harga pasaran mobil murah. Sebenarnya penyebab utamanya bukan karena ukuran radiator yg kecil, tp karena perawatan mobil itu sendiri dari tahun ke tahun yg kurang bagus dan sering ganti pemilik.



Servislah radiator anda secara berkala dan gunakan radiator coolant agar kerak-kerak dan kotoran dalam saluran pendinginan menjadi lancar. ganti coolant secara berkala setidaknya 6-8 bulan sekali. Toh harga coolant tidak mahal. lebih baik menggunakan coolant daripada menggunakan air sulingan atau aqua dan sejenisnya. Karena coolant sudah mengandung aditif berupa zat deterjen, pelumas, dll. Sebelum menggunakan coolant berhubung umur genio sudah agak tua, pastikan juga pipa-pipa dan selang saluran pendingin dalam kondisi masih layak pakai. karena bila kondisi pipa dan selang sudah tua atau agak keropos, tidak baik jg memakai coolant karena kotoran-kotoran yg menempel di bagian-bagian itu akan dbersihkan dan akhirnya menyebabkan kebocoran saluran pendinginan air.



hal ini juga  salah satu penyebab tukang radiator tidak menganjurkan memakai coolant. Maka dari itu gantilah pipa-pipa dan selang radiator yg sudah haus itu baru anda isi dengan coolant. Jika semua sistem pendingin sudah normal termasuk motor fan radiator, dijamin honda genio bebas dari penyakit yg namanya panas dalam (overheating)






Permasalahan lain honda genio jg ada pada ecu (engine control unit) yang sering rusak dan menyebabkan mobil susah hidup saat mesin dingin. ECU Genio bisa diperbaiki daripada beli baru yg harganya lumayan mahal. 
Sudah sering kami tangani masalah-masalah seperti ini. Sebenarnya tidak hanya Genio saja, mobil-mobil lain yang seumur genio juga kadang mengalami masalah yg sama.


Bagi pemilik Honda Genio yang mengalami permasalahan pada ECU, silahkan konsultasikan pada kami.
FAST RESPON PHONE/WA : 08174789749