Sunday, July 29, 2018

Keunggulan dan Kelemahan Suzuki Baleno



Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2000-2002, Suzuki Baleno Milenium terkenal bandel. Mesinya tangguh dan sangat irit bahan bakar. Sedan kecil ini memang tergolong mobil yang jauh dari kategori merongrong. Namun jangan terlena, tetap ada beberapa titik yang perlu diperhatikan. Pastikan beberapa poin dibawah ini selalu jadi fokus perawatan anda. Dijamin Baleno kesayangan tetap nyaman dikendarai.


EVAPORATOR AC
Seiring bertambahnya usia pakai, beberapa komponen akan mengalami perubahan kinerja. Salah satunya evaporator AC. Ketika menginjak usia 5 tahun bukan tak mungkin piranti ini mengalami kebocoran.
Tandanya embusan angin tidak dingin yang keluar dari kisi-kisi. Anginya terasa panas terutama pada waktu dinyalakan. Belum lagi ada tetesan air membasahi karpet sebelah kiri. Itu pertanda evaporator bocor.
Kalau bocornya kecil, bisa ditambal, namu kalau terlalu besar mesti diganti baru. Dengan meluangkan waktu seharian penuh buat bongkar pasang sistim pendingin ruangan, kabin tunggangan anda akan kembali adem.


KISI-KISI AC
Maunya mobil wangi, eh ternyata grill AC di dusboard banyak yang rontok. Itulah yang terjadi meletakan perfum mobil berbentuk botol di kisi-kisi AC. Terkena beban botol jadi mudah rusak, alhasil semburan hawa dingin jadi susah diarahkan. Lagipula secara estetika tampilan dasbor jadi jelek. Sepertinya sekarang agak susah mencari onderdilnya.

AS RODA
Perhatikan gejala munculnya bunyi klotok-klotok yang terjadi pada saat membelok. Itu adalah tanda as roda mulai bermasalah. Buat yang belum mengalami, ada baiknya melakukan perawatan. Soalnya pernti ini kerap menjadi masalah buat Baleno Milenium.
Umur pakai as roda sebenarnya cukup panjang. Akan tetapi kalau gemuk berkurang dan kemasukan kotoran, bakal cepat rusak. Perawatanya cukup mudah, setiap 20.000 km periksa kondisi karet boot roda sekalian cek gemuk. Kalau gemuk sudah cair, ganti dengan yang baru.
Karet boot as roda pun harus efektif menghalangi kotoran masuk. Jadi, kalau sudah tambah retak atau bahkan sudah sobek, segera ganti dengan yang baru. Harganya relatif murah berkisar 50 ribuan per biji diluar harga gemuk. Bayangkan kalau harus mengganti as roda yang berkisar 4 jutaan.
Kalau sudah bunyi, sebenarnya tidak perlu harus mengganti as roda. Cukup menukar birfield bearing saja. Hanya bagian luar saja.

SOKBREKER
Sering-sering melewati jalan jelek bisa dipastikan...