Sunday, December 18, 2016

Kerusakan Ford Ranger 2.5L Common Rail TDCi Duratorq-Bengkel Ford Singaraja Buleleng


  Mobil Ford Ranger 2.5L Common Rail tahun 2009 ini mengalami masalah pada sistem elektroniknya. Ketika mesin di start, keempat injektor tidak bisa menyemprotkan bahan bakar. Penyebab awal karena kelistrikan mengalami hubungan pendek (korsleting).
  

  Sebenarnya sangat berbahaya bila melakukan pengetesan seperti diatas bila kondisi mesin normal. Karena tekanan yang dikeluarkan oleh pompa tekanan tinggi ke injektor adalah 1.500 Bar lebih. Bisa merusak injektor kalau salah prosedur. Hanya boleh dilakukan oleh teknisi berpengalaman.


  Penyebab terjadinya kerusakan sistem kelistrikan karena ulah tikus yang menggerogoti kabel-kabel elektronik. Akibatnya banyak kabel-kabel yang korslet terutama di bagian Engine Management System.




  Karena hubungan pendek ini, komponen sensor putaran kruk as (CKP sensor), Electronic Control Unit (ECU), dan keempat injektor ikut mengalami kerusakan. Bisa dipastikan biaya yang akan dikeluarkan oleh pemilik kendaraan akan sangat banyak, kurang lebih mungkin seharga 1 unit kawasaki klx.






  Waktu pengerjaanya pun cukup memakan waktu lama. Karena mekanik harus mendiagnosa menyeluruh kesetiap rangkaian elektronik dengan memakai beberapa alat bantu dan alat ukur juga.

  Tentu saja bagi pemilik kendaraan tidak bisa memakai kendaraanya selama beberapa hari, mungkin beberapa minggu.


  Oleh sebab itu berhati-hatilah terhadap hewan pengerat disekitar rumah anda. Biasanya mereka sangat menyukai tempat2 yang hangat dan lembab. Bila kendaraan jarang dipakai dan hanya diselimuti saja di garasi akan sangat berpotensi menjadi sarang tikus.
Biar makin asik bacanya, tambah seger pikiranya,hehe


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.
Untuk konsultasi dan fast respon, anda bisa menghubungi
08174789749 Laksamana Motor